SINERGISITAS TNI POLRI DAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SITUBONDO BETUK KAMPUNG TANGGUH

SITUBONDO - Jum'at (29/05) Pasi Teritorial (Kapten Sugeng Sugiarto) beserta Babinsa setempat menghadiri rakor pembentukan kampung tangguh bertempat di Masjid Baitul Ma'mur Perumahan Panji Permai Kel. Mimbaan Kec. Panji Kab. Situbondo telah dilaksanakan kegiatan musyawarah dalam rangka rencana pembentukan Kampung Tangguh di lingkungan Perumahan Panji Permai Kec. Panji Kab. Situbondo yang diikuti oleh 40 orang dengan penanggung jawab Sekda Kab. Situbondo Drs. H. Syaifullah, M.M (Sekda Situbondo) yang diikuti oleh 40 orang pada Selasa malam (28/05)

Dalam pembentukan Kampung Tangguh kegiatan tersebut yang dipimpin oleh Sekda Kab. Situbondo, Drs. H. Syaifullah, M.M. dan di hadiri diantaranya Kabagops Polres Situbondo, Kompol Yatno Mardi, S.H., Kapolsek Panji, AKP Bambang Irianto, S.H., Kasat Binmas, IPTU Djembadi, S.H., Pasiter Kodim 0823 Situbondo, Kapten Inf. Soegeng S., Danramil 0823/02, Kapten Inf Dedi Siswantono, Drs. Priyo Andoko, M.Si. (Kepala Pelaksana BPBD Kab. Situbondo), Adi Kusuma (Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kab. Situbondo),Babhinkamtibmas Kel. Mimbaan, Bripka Mahfud, Babhinsa Kel. Mimbaan Sertu Khamim, Ketua Takmir Masjid Baitul Ma'mur, H. Ibnu Fajar serta Seluruh Ketua RT dan RW di Perumahan Panji Permai.

Sekertaris Daerah Situbondo menysmpekan dalam rapat tersebut yang intinya Malam ini kita bersilaturahmi ini sebenarnya wujud kebersamaan kita dalam memerangi penyebaran COVID 19, tadi malam Kasat Binmas Polres Situbondo silaturahmi ke rumah saya setelah itu kita membicarakan tentang kampung tangguh.

Kampung tangguh yang kita bentuk itu adalah kegotong royongan warganya dalam mengatasi bencana, dan untuk diketahui bahwa pandemi covid 19 ini berdampak serius pada Ekonomi, sosial, dan lain sebagainya.

Dengan adanya dampak ini pengaruhnya tidak hanya pada Indonesia tetapi di Seluruh Dunia, bahkan akan diprediksi akan adanya Krisis pangan ini yang ditakuti oleh pakar - pakar Dunia
 Ini adalah konsep dari Jawa Timur dibuatlah kampung - kampung tangguh, harapan ini tentu harus kita sambut dengan baik, tadi waktu rapat di Ruang Baluran Pemkab Situbondo hanya ada 3 Desa yang rencana akan di jadikan percontohan yaitu Ds. Tlogosari Kec. Sumbermalang, Ds. Wonorejo Kec. Banyuputih, Kel. Mimbaan Kec. Situbondo.

Maksud kedua bagaimana kita mampu mengkoordinir seluruh sumberdaya yang dimiliki dengan lebih efektif, selain itu perlunya pendorong sinergi antara dengan Pemerintah Kabupaten.
 Nantinya Posko nya di Masjid ini sebab kita kembalikan pada Jaman Rosul bahwa Masjid tempat memikirkan strategi perang, dan lain lain, Kampung tangguh ini dalam artian tangguh Kesehatannya, tangguh keamanan, tangguh penyediaan pangan, tangguh religi, dan tangguh budaya jadi seandainya terjadi hal yang tidak dimungkinkan kita sudah Kuat, Dalam pembentukan Panitia inibsaya harap jenengan segera bentuk pada masing - masing RT. Ungkapnya.

Lanjut pasiteritorial juga menambahkan 2 minggu kami ada perintah dari Kodam V/BRW untuk melakukan studi banding di Malang Kota yang kaitanya dengan Kampung Tagguh, kami dapat ilmu disana ternyata yang dikatakan Kampung Tangguh itu keikutsertaan masyarakat dalam penanganan dan dampak Covid 19.Dalam pertemuan tersebut di sampekan akan ditetapka 5 kegiatan yang dilakukan di Kampung tangguh diantaranya
- Pengamanan Lingkungan bahwa masyarakat itu sendiri adanya siskamling yang aktif
- Membagi pangan agar tidak terjadi konflik yang di koordinir oleh RW yang diberi oleh Donatur - Donatur sembako
- Mengevakuasi masyaralat yang sakit jika tenaga medis kekurangan
- Adanya Tim untuk memakamkan warga yang terpapar covid 19.
- Pengaturan arus orang barang keluar masuk kampung dan apabila pabila sudah terbentuk di wilayah Perumahan Panji Permai ini agar Forkopimka melakukan  pelatihan pelatihan kepada warganya. Pungkas Pasiter (Pen 23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar