Sejarah Pahlawan Yang Tidak Boleh Dilupakan


Situbondo - Senin (29/4) pukul 08.00  WIB sampai dengan selesai bertempat di Aula Kodim 0823/Situbondo dilaksanakan kegiat sosialisasi tentang cerita pahlawan Situbondo  terhadap anak anak TK Kartika IV-71 dengan di ikuti 60 siswa siswi TK Kartika dengan pembawa materi Serka Bambang Hariyadi yang di dampingi 5 guru pengasuh dari TK Kartika IV-71.

Serka Bambang Hariyadi sebagai narasumber mengawali cerita dongeng yang membuat anak anak TK Kartika IV-71 tersebut bisa menjadi fokus dengan ceritanya dan dengan ceruta yang lucu sehingga anak-anak tersebut bisa tertarik Dongenggannya macam-macam, dari floklor, fabel hingga sejarah Pahlawan Situbondo, yang dulu turut berjuang demi kemerdekaan bangsa yang tinggal di sekitar Situbondo. ujarnya

Dengan di lanjut  materi  menjadi salah satu sarana mengenalkan sejarah sejarah bukan hanya tanggung jawab guru saja kebanyakan orang tua mengganggap jika pembelajaran sejarah adalah tanggung jawab guru. Padahal, mengenalkan sejarah di usia sekolah yang kebanyakan hanya berupa materi hafalan kurang efektif untuk menumbuhkan rasa ingin tahu. 

Ketiadaan sejarah semakin memperparah mindset anak masa kini jika sejarah bukan hal yang penting untuk dipelajari secara serius. Disinilah peran penting orangtua, menjadikan sejarah bukan hanya materi pelajaran belaka, yang dihafal menjelang ujian dan terlupakan begitu saja. Agar kelak anak-anak menjadi generasi yang tidak melupakan sejarah.

Mengenalkan Sejarah Sejak Usia Dini banyak cara bagaimana mengenalkan sejarah sejak dini. Yang jelas,pengenalan sejarah pada anak usia dini disesuaikan dengan karakteristik anak, hindari bercerita sejarah dengan detail dan rumit,cukup bercerita dengan alur sederhana yang mudah dipahami oleh anak. Biasanya, anak menyukai cerita  tentang figur pahlawan, Seperti bercerita pahlawan kita yang di sebut pejuang pak Nidin.

Mengenalkan Sejarah Melalui Dongeng Daripada membaca buku sejarah yang kelewat serius, akan mempersulit daya tangkap terhadap anak anak  mendengarkan cerita  Cara beliau bercerita yang disertai dengan ekspresi gemas, kagum atau speechless membuat cerita menjadi semakin berkesan. Hinga membawa pikiran anak anak seolah  tengah berdiri di lokasi, melihat adegan demi adegan yang sesungguhnya.

Cerita sejarah yang disampekan Serka Bambang Hariyadi bercerita tentang kegigihan pejuang situbondo yang di sebut Pak Nidin yang mati matian memperjuangkan kota Situbondo dengan gagah berani tanpa takut pada siapapun yang akan merebut Situbondo. Pak Nidin adalah contoh pahlawan kita pahlawan Situbondo, jadi adik adik nantinya harus bisa berjuang utuk kebaikan Situbondo dan untuk bangsa kita Indonesia. Ujar serka Bambang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar