KODIM 0823 SITUBONDO SELAMA TIGA HARI GELAR POSKO I BALADHIKA JAYA 17

SItubondo - Selasa (13/06) Dipimpin langsung Komandan Kodim 0823 Situbondo, Letkol Inf. Ashari, S.Pd, Komandan dan Staf Kodim Situbondo melakukan posko I Baladhika Jaya 17 sebagai Pelaku Latihan, sedangkan Penyelenggara yaitu Korem 083/Baladhika Jaya dengan mengusung tema Kodim melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadi bencana di wilayah.

Dandim Situbondo Letkol Inf Ashari, S.Pd disela-sela kegiatan gladi posko mengungkapkan, secara khusus gladi posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi serta menyeleggarakan implementasi proedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando.

“Kegiatan ini untuk lebih memantapkan system komando kita terkait dengan siaga bencana yang diawali dengan koordinasi kemudian diterjunkan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka operasi militer selain perang untuk menghadapi berbagai bentuk konsidensi pertahanan dan ketahanan wilayah yang timbul akibat bencana alam dan dampak sosial lainnya,” papar Dandim Letkol Inf Ashari, S.Pd.

Pelaksanaan latihan posko I disamping bagian dari proses bertingkat dan berlanjut serta merupakan pelaksanaan program kerja tahunan, latihan ini juga diproyeksikan untuk kemampuan kesatuan sehingga untuk melaksanakan tuntutan tugas utamanya dalam mengatasi suatu permasalahan seperti terjadinya bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Dengan kondisi Situbondo yang rawan terhadap bencana, Latihan posko I yang kita lakukan tentunya sangat penting untuk diberikan kemampuan mulai dari para komandan kemudian staf yang mampu melakukan tugas sesuai dengan tugas dan fungsinya,” ujar Dandim.

Dengan berpedoman pada pengalaman latihan sebelumnya serta berbekal pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki masing-masing personil di Jajaran TNI diharapkan pelaksanaan posko I mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dengan memiliki kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan atau gejolak sosial yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari kedepan itu juga melibatkan instansi dan OPD terkait di Pemkab Situbondo yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dan juga memberikan dukungan secara penuh dalam upaya penanggulangan dan penanganan bencana alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar