PASITER KODIM 0823 SITUBONDO HADIRI SOSIALISASI MESIN TRANSPLANTER BERSAMA KELOMPOK TANI

Situbondo – Selasa (04/07) bertempat di Kelompok Tani Maju desa Landangan kecamatan Kapongan mengadakan pertemuan dalam rangka tentang cara pembibitan padi dan penanaman menggunakan mesin Transplanter, pada Selasa pagi (04/7/2017).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pasiter KOdim 0823 Kapten Inf Sugeng Tarmudji serta Danramil 03/Kapongan Kapten Inf. Marwito beserta para babinsa Kabid Holtikultura Dinas Pertanian Kab. Situbondo, penyuluh dan petugas PPL kecamatan Kapongan, Mantri Tani kecamatan Kapongan, Anggota kelompok tani yang berasal dari Kab. Lumajang dan Kabupaten Bondowoso kurang lebih 100 orang yang sebagian besar merupakan petani.
 
Pada kesempatan ini Pasiter Kodim 0823 Situbondo Kapten Inf Sugeng Tarmudji menyampaikan, pendampingan yang dilakukan oleh Koramil akan terus dilaksanakan pada semua kegiatan pertanian bukan hanya pada jenis tanaman padi saja yang bertujuan terwujudnya program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah. Dengan adanya mesin Transplanter ini dimaksudkan agar para petani lebih bersemangat dalam meningkatkan produksi panen pada semua jenis tanaman khususnya tanaman padi dengan harapan akan bisa membantu masyarakat lebih sejahtera melalui jalur pertanian dan mengangkat bangsa ini dengan program swasembada pangan.

Tidak lupa juga Danramil 03/Kapongan Kapten Inf. Marwito menyampaikan Disamping tugas Koramil sebagai Aparat Teritorial juga di tugaskan dalam program pendampingan dan pengawalan UPSUS, Peran serta Koramil dalam hal ini Babinsa dalam pertanian karena sudah mendapat MOU dari Menteri Pertanian sehingga tugas tersebut harus dilaksanakan dengan maksimal, tutur Danramil.
Menurut Keterangan dari Danramil, tanam padi menggunakan mesin Transplanter jauh lebih cepat dibanding dengan tenaga manusia. Selain itu secara ekonomis dapat menekan biaya tanam, karena biaya tanam menggunakan Transplanter lebih murah. Alat ini memang terbukti sangat efektif karena dalam 3 jam dapat menyelesaikan Tana padi seluas kurang lebih 1 Ha. Dan alat ini juga irit Bahan bakar Ujar beliau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar