KODIM 0823/SITUBONDO GELAR PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR

Situbondo – Rabu (26/4) Kodim 0823/Situbondo menggelar Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2017 dalam rangka operasi bantuan kepada Pemerintah daerah selain perang (OMSP/operasi militer selain perang) dengan mengangkat tema “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan, dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana” bertempat di Stadion Mohammad Saleh Jl. Kenanga Kel. Dawuhan Kec/Kab. Situbondo. Kemudian kegiatan Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2017 dilanjutkan Simulasi penanganan penanggulangan Bencana Kab. Situbondo di tempatkan di dua lokasi yaitu Sungai Sampean Baru dan Pantai Panarukan

Latihan Bencana Alam untuk meningkatkan kemampuan para komando dan staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik, olah yuda, pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki. Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2017 yang mengusung tema “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan, dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana” yang bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko serta kodal operasi, terang Pasi Ops Dim 0823 Kapten Inf Hendro Nurdin

“Geladi ini dapat meningkatkan kemampuan para peserta, terutama dalam melaksanakan Komando pengendalian operasional sesuai dengan prosedur hubungan komando dan staf dalam Operasi bantuan kepada Pemda dalam rangka Operasi Militer Selain Perang”, tuturnya.

Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Ashari S.Pd mengharapkan segala kekurangan yang dijumpai dalam latihan ini agar segera diperbaiki dan disempurnakan sehingga jika terjadi bencana akan bisa ditangani secara cepat, tepat dan maksimal.

Selain melibatkan personel Kodim 0823/Situbondo, kegiatan ini juga melibatkan unsur terkait meliputi, Anggota Sabhara Polres Situbondo, Basarnas, Tagana Situbondo, Sat Pol PP Situbondo, Polhut Situbondo, Dishub Situbondo, BPBD Situbondo, Damkar Situbondo, PLN dan PDAM Situbondo, PMI Situbondo, Pramuka Kwarcab Situbondo, Pelajar SMA Situbondo, Korsik Pemkab Situbondo secara keseluruhan di ikuti kurang lebih 400 orang.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut Ir H. Yoyok Mulyadi, Msi (wakil Bupati Situbondo) bertindak sebagai pimpinan Apel, Mayor Inf Winarso Kasdim 0823/Situbondo mewakili Dandim, Kompol Edit Widodo, Sik Wakapolres Situbondo mewakili Kapolres, Kompol Suharyono Kabag Ops Polres Situbondo, Drs.Taufik Hidayat, M.Si Kepala BPBD Situbondo, Jajaran perwira Kodim 0823/Situbondo dan Perwira Polres Situbondo, Jajaran SKPD Kab. Situbondo, Ibu Persit Kodim 0823/Situbondo dan Bhayangkari Polres Situbondo. (dy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar