Sosialisasi dan Pembentukan Kampung KB di Desa Ketah


Situbondo - Rabu (13/03)  Sosialisasi dan Pembentukan Kampung KB. Bertempat di Kantor Desa Ketah Kecamatan Suboh, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Situbondo kembali menggelar Sosialisasi dan Pembentukan kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Ketah

“Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat perpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematis”,Tujuan pembentukan Kampung KB di Desa Ketah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Adapun prasyarat wajib pembentukan Kampung KB antara lain tersedianya data kependudukan yang akurat, adanya dukungan dan komitmen pemerintah daerah, dan partisipasi masyarakat yang berpartisipasi aktif.

Peserta Sosialisasi dan Pembentukan Kampung KB di Desa Ketah
Hadir dalam acara tersebut sosialisasi & pembentukan kampung KB percontohan desa Ketah Kec.Suboh

Hadir Dlm Kegiatan Kepala Puskesmas Suboh bpk Makfur ,Sek.dinas bpk Saiful bahri ,Kasi Dalduk bpk Mujion Camat suboh bpk Suprapto.SH, Staf KUA mudin Bpk Manihar Kepala desa ketah ,Bpk Erwin sholeh,Babinsa ketah  Serda Zaenudin
  
sambutan dari camat suboh bpk suprapto .SH dengan adanya kampung KB dapat mengendalikan kepadatan penduduk, sambutan dari Sek.Dinas bpk saiful bahri dalam sambutanya dengan pembukaan kampung KB dapat memberikan kehidupan yang lebih bagus lg bagi masyarakat dan ke depanya dikecamatan suboh seluruh desa akan dibentuk kampung KB smua.

Kegiatqn dihadiri  sekitar 30 org dan kegiatan nerkalan mulain jam 10.05 wib s/d 11.05 wib,Tim sosialisasi Dinas DPPKB Kabupaten Suboh, Kepala Desa Ketah, Kepala Puskesmas, Ketua TP-PKK Desa, Kader dan masyarakat desa.

Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan di Kampung KB yang dibentuk meliputi kependudukan, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga (pembangunan keluarga), dan juga kegiatan lintas sektor seperti kegiatan di Bidang Pemukiman, Sosial Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan sebagainya yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah di Kampung KB ini.

Kepala Puskesmas Suboh Bpk Makfur, juga menyampaikan harapannya agar dengan dibentuknya kampung KB di desa ketah yang langsung berdekatan dengan pusat kesehatan masyarakat di Kecamatan Suboh maka hendaknya pelayanan kepada masyarakat semakin baik. “Puskesmas Suboh menurutnya paling mewah namun banyak ibu yang masih melahirkan di rumah”, Pinta Hanisah. Oleh karena itu dengan adanya program ini bisa meningkatkan kerjasama yang baik antara semua pihak terutama masyarakat bisa mengetahui dan sadar akan pentingnya persalinan dilakukan di rumah sakit untuk menekan resiko persalinan ibu dan anak. (Pen..23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar