Bangun Pemuda Satukan Indonesia, Tema Hari Sumpah Pemuda di Situbondo



Situbondo - Senin (29/10) Bertempat di halaman belakang Kantor Pemkab Situbondo Jl. PB. Sudirman No. 1 Kel. Patokan Kec/Kab. Situbondo telah dilaksanakan kegiatan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 dengan tema "Bangun Pemuda Satukan Indonesia"  yang diikuti sekitar 500 orang bertindak selaku Inspektur upacara H. Dadang Wigiarto, SH (Bupati Situbondo), Komandan upacara AKP Madya Wira Aji (Kapolsek Suboh) dan Perwira upacara Drs. Sofwan Hadi (Kadispora Situbondo).
 
Adapun  Susunan pasukan diantaranya 1 SST Kodim/0823 Situbondo, 1 SST Dodiklatpur Rindam V/Brw, 1 SST Puslatpur Marinir 5 Baluran, 2 SST Sabhara Polres Situbondo, 1 SST Sat Pol PP, 1 SST Damkar, 1 SST BPBD, 1 SST Dishub, 1 SST Tagana, 1 SST Korpri, 2 SST PGRI, 1 SST Mahasiswa, 1 SST Pramuka, 1 SSK Pelajar, 1 SST Korsik, 1 SST Paduan Suara Gita Praja.

Undangan yang hadir dalam kegiatan diantaranya, H. Dadang Wigiarto, SH (Bupati Situbondo), Ir. H. Yoyok Mulyadi, M. Si (Wakil Bupati Situbondo), AKBP Awan Hariono, SH, SIK, MH (Kapolres Situbondo), Toetik Ernawati, SH (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Situbondo), Mayor Kav Suprapto (Kasdim 0823/Situbondo), Mayor Inf Moh. Sidkon (Wadandodiklatpur Rindam V/Brw), Kompol Iswahab, SH (Wakapolres Situbondo), Azis Budianto, SH (Perwakilan Kejaksaan Negeri Situbondo), Drs. Syaifullah, MM (Sekda Situbondo), Kapten Mar Imam Safi'i (Dansat Demlat Puslatpur Marinir 5 Baluran), Jajaran Danramil Kodim 0823/Situbondo, Jajaran Kapolsek Polres Situbondo, Ibu Dharmawanita, Bhayangkari dan Persit Chandra Kirana, Para Kepala OPD dan para Camat se-Kab. Situbondo.

amanat Inspektur upacara H. Dadang Wigiarto, SH yang menyampaikan Sekitar 70 % bangsa Indonesia diiisi oleh para pemuda, untuk itu kekuatan Indonesia angkatan muda sangatlah cepat mengikuti arus global dengan didukung oleh nasionalismenya dan cita-citanya. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing oleh karena itu revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju sebagai bangsa yang hebat. Tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. Sekarang semangat nasionalisme mulai luntur dan tidak mengerti apa isi dari Pancasila dan inilah yang harus kita perhatikan dengan ditandai masuknya paham radikalisme dan Liberalisme.

Lebih lanjut Bupati Situbondo berpesan Mari kita rapatkan barisan untuk memperbaiki pembenahan diri dalam pengabdian kita kepada bangsa Indonesia, Dirgahayu untuk pemuda Situbondo semoga tetap bersemangat. Pesannya.

Kegiatan upacara hari Sumpah pemuda merupakan acara tahunan dalam rangka mengingatkan sejarah perjuangan pemuda pemudi Indonesia yang tertuang di teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928, dimana pada saat itu 71 pemuda pemudi Indonesia memperjuangkan kemerdekan mengadakan kongres menuju kemerdekaan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar