Babinsa Koramil 02/Panji Bersama Warga Bersihkan Sampah Disepanjang Sungai


Situbondo - Senin (17/02) Babinsa Sliwung Koramil 02/Panji, Kodim 0823/Situbondo, Sertu Joko Prianto, bergotong royong membersihkan sungai bersama Pekerja Umum (PU) Kabupaten Situbondo dan masyarakat di Desa Sliwung, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Tentara dan masyarakat Sliwung, Desa Sliwung, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, melakukan kerja bakti bersih sungai.

Babinsa Sliwung Koramil 02/Panji, Kodim 0823/Situbondo, Sertu Joko Prianto, mengatakan, pihaknya bersama pekerja umum (PU) Kabupaten Situbondo dan warga bergotong royong membersihkan kayu yang dipinggir jalan dan sampah plastik,rumput-rumput yang mengendap di sepanjang Sungai Sliwung.

Dalam kegiatan itu, Babinsa bersama warga mengangkat batang kayu dan endapan sampah serta rumput-rumput liar yang menyumbat dan bisa mengakibatkan banjir serta pencemaran sungai.

Menurutnya, pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi dan penanggulangan pencemaran sungai serta terjadinya banjir akibat banyaknya endapan sampah serta banyaknya batang kayu yang menutupi permukaan aliran sungai sehingga meluap sampai ke jembatan.

"Gotong royong pembersihan aliran sungai sangat penting agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan terutama kayu, bambu serta rerumputan yang di pinggiran sungai," jelasnya, dalam keterangan tertulis.

"Apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan seperti ini, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan di sekitar sungai,” ucap Babinsa.

"Inilah salah satu fungsi Babinsa, harus tahu kondisi dan situasi," tegasnya.

Menurut dia, pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan.

“Maka dari itu, Babinsa sering mengajak warga untuk kegiatan kerja bakti dan pembersihan sungai yang banyak ditumbuhi tanaman liar seperti potongan kayu dan dipenuhi tumpukan sampah,” pungkasnya. (Pen 23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar