Koramil 05/Panarukan Wujud Kepedulian Bersama KKN UNARS Situbondo dan Masyarakat Bersihkan Pantai Mangrove

Situbondo - Minggu (02/02) Membersihkan pantai dilakukan Batituud Serma Heri ditemani Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0823-05/Panarukan bernama Serma Jeffry Imanuel bersama Mahasiswa KKN UNARS Situbondo dan warga Desa Peleyan Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Serma Heri dan Serma Jeffry Imanuel mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan di sekitar pantai supaya kelihatan bersih dan indah dipandang mata.saat ini di musim penghujan banyak sampah berserakan di sekitar pantai yang kurang sedap dipandang.mereka bekerjasama melaksanakan pembersihan disepanjang pesisir Pantai Mangrove.

Bersih Pantai Mangrove di ikuti oleh (Dosen Pembbing BPK) Bpk Dr. Yahya Arief SE, M.Si Dosen Pembimbing Bpk DR.Yahya Arief SE, (Seketaris Pelaksana UNARS Situbondo) Ibu Dwi Puji Septi Andari, (Bati Tuud Koramil 0823-05/Panarukan) Serma Heri Bersama Babinsa Serma Jeffry, (Koordinator Desa Peleyan) Bpk Ahmad Faisol P, (Kepala desa Peleyan) Bpk Munakip bersama Perangkat desa peleyan, Mahasiswa UNARS Situbonso dan masyarakat desa Peleyan kurang lebih 80 orang.

Serma Heri dan Serma Jeffry Imanuel menambahkan, pembersihan sampah dilakukan untuk memberikan edukasi yang baik supaya masyarakat sadar dan tidak membuang sampah di tepi pantai,
jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka dampak yang ditimbulkan akan semakin memprihatinkan,sebagai babinsa dirinya harus bisa mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan pesisir pantai supaya terlihat bersih, indah, nyaman.

“Kegiatan ini merupakan kewajiban setiap anggota TNI sebagai contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan masyarakat disekelilingnya sesuai dengan yang tercantum dalam Delapan Wajib TNI”, jelasnya.

Pembersihan yang dilakukan di pesisir pantai ini juga merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat sekitar dalam memperoleh tambahan penghasilan.Karena dengan terjaganya kebersihan, keindahan dan keasrian pantai dapat menarik lebih banyak pengunjung untuk berwisata kuliner di Pantai Mangrove Desa Peleyan.

"Dengan berkembangnya sektor pariwisata maka akan semakin banyak pengunjung yang datang sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuka usaha yang pastinya akan menambah pemasukan ekonomi warga,” ucap dia.

Kapten Inf Joni Kriswanto, Danramil 0823-05/Panarukan memberikan apresiasi yang tinggi atas peranan anggotanya, Babinsa Koramil Panarukan dalam mengajak warga untuk membersihkan lokasi wisata kuliner Pantai Mangrove.

“Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat sekitar lokasi pantai dapat tergugah untuk selalu menjaga dan memelihara lokasi Pantai Desa Peleyan, sehingga selalu dapat menarik minat pengunjung untuk menjadikannya sebagai salah satu lokasi pilihan dalam berwisata,” harapnya. (Pen 23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar