Babinsa Serda Syarif ; Upacara Bendera Pertebal Rasa Semangat Kebangsaan


Situbondo - Senin (14/01) Babinsa Ds. Wonokoyo Serda Syarif Susilo melaksanakan Wasbang di SDN 1 Wonokoyo menjabat sebagai pembina Upacara Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo

Pada amanatnya Serda Syarif Susilo memberikan pengarahan pada Hakekatnya Upacara Bendera adalah pencerminan nilai-nilai Budaya Bangsa yang merupakan salah satu Peradaban Bangsa dan ini merupakan ciri Khas yang membedakan Bangsa Indonesia dengan Bangsa-bangsa lainya.

Dasar pemikiran dari Departemen Pendidikan Nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa dan mengembangkan sumberdaya manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan budi pekerti yg luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, mempunyai kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab terhadap seluruh tatanan kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

Babinsa juga menyampaikan Kenapa di Sekolah-sekolah wajib di adakanya Upacara Bendera baik penurunan maupun pengibaran, di situ ada dasar hukumnya yang di landasi oleh Pancasila dan UUD 45 juga Inpres no 14 tahun 1981 tentang penyelenggaraan pengibaran Bendera Merah Putih serta Peraturan Pemerintah atau PP no 28 dan 29 tentang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Serda Syarif Susilo menyampaikan Maksud dan tujuan Upacara Bendera mengusahakan dan memantapkan pencapaian tujuan Pendidikan Nasional di Sekolah dalam pemantapan Sekolah sebagai Wiyata Mandala (lingkungan Pendidikan yang bersih dan aman yang mempunyai Integritas dan Kredibelitas yg tinggi dalam setiap pelaksanaan Program Pemerintah baik dari Pusat maupun Daerah serta Program yang telah disusun oleh Instansi Sekolah itu sendiri). dengan Tujuanya  Membiasakan bersikap tertib dan disiplin, Membiasakan berpenampilan rapi, Membiasakan kesediaan di pimpin, Meningkatkan kemampuan memimpin, Membina kekompakan dan kerjasama, Mempertebal rasa semangat Kebangsaan.

Dalam hal ini pihak Sekolah khususnya Kepala Sekolah SDN 1 Wonokoyo sangat mengapresiasi Koramil Kapongan khususnya kepada Babinsa Wonokoyo yang telah peduli dan ikut berperan serta masuk di lingkungan Pendidikan dan itu akan menjadikan Motivasi bagi Anak Didik atau Siswa untuk di siapkan menjadi calon generasi muda dan pemimpin Bangsa di masa depan. (jt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar