Peran Babinsa Sumbertengah Terkait Kelangkaan Air Bersih

Situbondo - Selasa (15/01) Adanya Kelangkaan air di Saat Musim Penghujan. kekurangan sumber air bersih di empat Dusun, Dsn Polay, Dsn. Bates Dsn. Krajan dan Dsn. Bentapen.
yang memiliki 125 KK (kepala keluarga). Justru sangat mengherankan disaat musim penghujan tiba sumur milik warga Desa Sumbertengah Kec. Bungatan Kab. Situbondo justru hapir tidak ada sumber air bersih sehingga masyarakat kekurangan air utuk kebutuhan sehari hari.

Kades Sumbertengah Bapak Suryadi mengatakan bahwa di Ds. Sumbertengah Kec. Bungatan sebelumnya  tidak pernah mengalami kekurangan air bersih. Justru di saat awal musin peghujan bulan Desember 2018 s.d Januari 2019 warga kami kekurangan air bersih pada sumur warga di Ds. Sumbertengah dikala adanya curah hujan yang tinggi,Sedangkan pada musim kemarau sumber air bersih di setiap sumur milik warga sangat besar. 

Saat ini Kades Sumbertengah telah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi kelangkaan air bersih, dengan menyediakan sarana  2 alat mesin desel penyedot air namun, alat tersebut tidak berfungsi secara maksimal dan kondisi air masih keruh.

Pada Bulan Desember 2018 Kades Sumbertengah sudah melaporkan secara lisan kepada Kasi trantib Kec. Bungatan terkait kelangkaan air bersih. Kades Sumbertengah sangat berharap kepada Pihak terkait khususnya BPBD Kab. Situbondo untuk segera mengambil langkah-langkah sehingga permasalahan kelangkaan sumber air bersih di Desa Sumbertengah dan dusun lainya segera teratasi sesuai dengan keinginan warga.Ujar Kepala Desa Sumbertengah
Sekdes Sumbertengah  Bapak. Husein Juga mengatakan bahwa Kelangkaan sumber air bersih di Desa tersebut disaat berlangsungnya musim penghujan yang tinggi,Pada saat ini warga mendapatkan air bersih melaui 1 titik mata air sawah milik Sdr. Ibu Ardila yang terdapat di Dusun Krajan Desa Sumbertengah, sedangkan untuk sebagian warga mengambil air di Desa Patemon dan  Desa Selowogo.Tukas sekdes Sumbertengah

Serda Darmaji melalui peranya sebagai Babinsa Desa sumbertengah melaksanakan anjangsana dan penyuluhan kepada masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas di desa dan melaporkan setiap perkembangan terkait kelangkaan sumber air bersih di Desa Sumbertengah sini,Untuk kebutuhan konsumsi air bersih sementra menggunakan sumber air bor 1 titik berlokasi di Dusun Krajan Desa Sumbertengah dan sumber air di Desa lain Desa Patemon. penyampean babinsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar