IGTK Rakor Bersama Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini

Situbondo - Rabu (13/02) Rapat IGTKI yang bertempat di aula kodim 0823/Situbondo yang di hadiri oleh IGTKI Ketua IGTKI Kab Situbondo Ibu Upik Istiana, Ketua IGTKI Kec Situbondo Ibu Nuraini, Pengawas TK Kec Situbondo Ibu Lilik Indianingsih dan Ibu Ely Kusumawati S.Pd, Pengurus Yayasan Kartika Ibu Nasikin beserta Ibu Samsuri, Kepala TK Kartika IV-71 Ibu Rini Budiarti S. Pd  dan seluruh peserta IGTKI sekecamatan Kota.

Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kota mengadakan rapat koordinasi bersama Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia IGTKI. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Aula Kodim 0823/Situbondo Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo Dalam diskusinya, Ketua Korwil Kecamatan Situbondo  Ibu Upik Istiana mengatakan, kualitas layanan PAUD/TK harus terus diupayakan sebagai bentuk perwujudan mutu lembaga yang berkualitas. Hal itu, menurutnya, dapat dilakukan dengan mengembangkan dan menginovasikan pembelajaran PAUD/TK itu sendiri.

Langkah pengembangan tentunya perlu didukung oleh profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan. Hal itu agar peningkatan mutu layanan anak usia dini sesuai tahap perkembangannya. ujarnya

Salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan dalam peningkatan kompetensi pendidik adalah dengan mengaktifkan organisasi Pusat Kegiatan Gugus. Dengan dilakukan rakor tersebut, para pendidik dapat saling bertukar informasi secara efektif dan efesian. Sehingga, dapat dimanfaatkan sebagai wahana pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan. Ketua Penilaian Kinerja Guru, Kecamatan Kota menuturkan sebagai suatu organisasi yang memayungi gugus-gugus PAUD atau TK,  dapat dijadikan sebagai bengkel kerja dalam pengembangan kreasi dan inovasi pembelajaran. Dengan guru dapat saling bertukar ilmu pengetahuan jika ada pembaharuan, baik di bidang kurikulum maupun kemajuan sistem informasi, mereka dapat membahasnya bersama. Sehingga lembaga juga dapat dengan cepat menyesuaikan dengan perubahan yang ada. ujarnya

 lanjut Ibu Upik Istiana  biasanya dilakukan melalui pertemuan rutin yang dilaksanakan sebulan sekali. Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan adalah yang bisa meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.Dapat diselenggarakan melalui kegiatan seminar, training, diklat, dan workshop di bidang anak usia dini. Tidak menutup kemungkinan program kerja dari pusat kegiatan ini adalah berdiskusi membahas penyusunan, perangkat pembelajaran, penyususnan kurikulum tingkat satuan pendidikan serta standar operasional pendidikan. katanya.

Jenis kegiatan, Upik Istiana mengatakab dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pendidik. Mengingat, wadah tersebut sangat berperan dalam pengembangan diri bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD/TK. Maka, diperlukan perhatian dari pemerintah untuk memberi apresiasi. Organisasi ini.

Lanjutnya perlu mendapat pembinaan agar dapat merealisasikan program-program kerja yang telah disusun dalam rangka membantu para guru yang ingin maju.Dengan adanya lirikan dari pihak terkait, kekurangan SDM yang menangani anak usia dini dapat diminimalisir. Sehingga, kompetensi guru meningkat, dan akhirnya dapat diterapkan dalam mengelola pembelajaran yang lebih baik. Ujarnya. (jt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar