Harapan Mukidi Tinggal Kenangan

SITUBONDO,- Siapa yang dapat menyangka jika umur manusia tidak dapat ditentukan oleh kita sendiri karena hanya Tuhanlah yang dapat memberikan sampai sejauh mana umur kita untuk hidup di dunia sebagai khilafah di bumi ini, karena semua ini merupakan kehendak dari sang Pencipta.

Mukidi, warga Desa Ngepoh, Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung yang sebelumnya mendapat bantuan RTL dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 harus menelan kesedihan karena sebelum dirinya ingin menempati rumah barunya yang diberikan dalam pelaksanaan program TMMD.

Cita-cita untuk tinggal di rumah baru yang memiliki standar kesehatan dengan ventilasi yang cukup sudah selesai saat dirinya dipanggil oleh sang Pencipta. Mungkin ini sudah menjadi takdir dirinya untuk menjalani perjalanan hidupnya.

Di saat mendengar bahwa Mukidi meninggal dunia, wargapun bersama anggota Satgas TMMD berbondong-bondong untuk pergi ke rumah duka sebagai wujud bentuk penghormatan terakhir kepadanya.

Iringan doa dan tahlil yang dibacakan oleh satgas TMMD dan wargapun mengiringi kepergiannya. “Saya belum yakin jika Mbah Mukidi meninggal dunia karena baru kemarin saya bersama beliau berbincang-bincang disaat kita sedang bekerja bersama beliau dalam TMMD ini,” kata Serda Krisna, Rabu (8/7/20).

Semantara itu, Kepala Desa Ngepoh, Sunaryo, yang juga ikut dalam melayat di rumah Mukidi merasa dirinya kehilangan salah satu warga terbaiknya karena di masa Mukidi masih hidup, dirinya suka menolong kepada siapapun.

“Kami merasa sangat kehilangan beliau karena beliau ini suka membantu warga desa sini meskipun beliau kekurangan dalam ekonomi. Oleh karena itu kami kemarin berniat untuk memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni kepada beliau,” kenang Sunaryo.

Dilain sisi, Sumarni juga mengungkapkan hal yang sama karena dirinya sebagai tetangganya Mukidi tahu betul dengan watak dan kepribadiannya. Ia bahkan sempat meneteskan air matanya ketika mendengar dan tahu bahwa Mukidi telah berpulang.

“Saya merasa kehilangan beliau kkarena beliau ini sangat baik orangnya dan suka membantu siapapun dikala kita memerlukan bantuan tenaga beliau. Selamat jalan Mbah.., semoga amal ibadahmu diterima di sisi-Nya, “ pungkasnya. (Pendim 0823)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar